Dinas Pariwisata Kaltim Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Wisata

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur memberikan pelatihan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi wisata, Kecamatan Muara Wis, kKabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pada Kamis (04/05/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung 2 hari mulai tanggal 04-05 Mei 2023, yang diikuti 50 peserta berasal dari desa wisata Muara Wis dan Muara Engggelam.

Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kaltim Irvan Rivai. Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa pentingnya kebersihan obyek wisata, sanitasi, serta pengelolaan sampah untuk menarik wisatawan berkunjung.

“Potensi Danau Melintang yang terletak di Kawasan Muara Wis dan Muara Enggelam, ini perlu disadari sebagai komoditi ekowisata unggulan Kalimantan Timur yang akan menarik wisatawan,” ucapnya.

Irvan mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola, daya tarik wisata dan desa wisata dalam melaksanakan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah.

“Pengelolaan sampah menjadi salah satu sebab pentingya pelatihan ini, serta wujud perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, bahkan perhatian terhadap SDM di kawasan 3 Danau, khususnya Danau Melintang akan berkesinambungan,” bebernya.

Lanjut dia, dalam waktu dekat juga akan diselenggarakan pelatihan-pelatihan lainnya guna meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola daya tarik wisata yang berkelanjutan.

Irvan mengharapkan dukungan dan peran serta dalam meningkatkan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi wisata.

“Kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi wisata itu menjadi tanggung jawab bersama dalam mengatasi masalah sampah di destinasi wisata,” tuturnya. (adv/dry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *