Disdikbud Kaltim Canangkan Aplikasi E-Kosp Guna Dukung Terapan Kurikulum Merdeka

Samarinda, Kaltimnow.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur berencana akan mengadakan aplikasi E-Kosp (Elektronik Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan), aplikasi ini nantinya akan mendukung dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka.

“Untuk aplikasi E-Kosp sendiri itu gunanya untuk aplikasi pelaporan tetapi nantinya sudah secara digital,” ujar Atik Sulistyowati selaku Sub Koordinator Kurikulum dan Penilaian SMA Disdikbud Kaltim, Sabtu (15/07/2023).

Atik menjelaskan, untuk aplikasi E-Kosp nantinya dapat di gunakan untuk verifikasi maupun untuk validasi dokumen kurikulum serta nantinya akan bisa menjadi perangkat untuk pembelajaran satuan pendidikan berbasis online.

“Untuk saat ini kan masih banyak tuh yang melakukan laporan secara tertulis, nah nantinya dengan adanya E-Kosp bisa dapat dipermudah, apalagi yang jauh-jauh di daerah terpencil,” jelasnya.

Ia menjalaskan, program inovasi E-Kosp dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) ini masih dalam tahap proses sosialisasi di beberapa daerah.

“E-Kosp ini masih dalam proses disosialisasikan namun masih belum dilakukan penerapan, nantinya kalau sudah terealisasi akan mempermudah laporan tidak menggunakan kertas lagi,” ungkapnya.

Terakhir, Atik Sulistyowati berharap nantinya dengan adanya aplikasi E-Kosp dapat mendukung mutu peningkatan pelayanan peningkatan menjadi poin utama di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltim.

“Mudah-mudahan kedepannya aplikasi E-Kosp segera terealisasikan, untuk aplikasi sudah ada tapi belum kami launching,” tutupnya. (iko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *