Pemilihan Duta Sadar Hukum Berau 2023 Usai, Ini Pesan Wibowo Kepala KN

Berau, Kaltimnow.id – Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2023 di Berau telah usai.

Acara yang berlangsung di di Grand Parama Hotel Jl.Pemuda,Bugis Kecamatan Tanjung Redeb, Jumat (28/7/2023) itu berlangsung meriah dan hikmat.

Kepala Kejaksaan Negeri Berau, Hari Wibowo mengatakan, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.

“Selamat kepada para Peserta yang terpilih menjsdi Duta Pelajar Hukum. Semoga ilmu yang didapat, bisa disebar luaskan kepada masyarakat,” katanya.

Dirinya menjelaskan, adapun tujuan dari pemilihan Duta Pelajar Sadar hukum ini, untuk berkembangnya potensi para peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

“Pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa harus dikembangkan potensinya kearah yang positif salah satunya diberikan pemahaman hukum melalui pembinaan,” jelasnya.

Sebanyak 10 peserta yang terdiri masing-masing peserta adalah satu orang pelajar laki-laki dan satu orang pelajar perempuan.

Para peserta mengajukan karya tulis inovatif, kemudian dilakukan seleksi terhadap karya tersebut, sehingga didapati 10 peserta guna dipertandingkan pada tingkat Kabupaten Berau.

Dimana kedepannya para juara I, II dan III dari pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Kabupaten Berau akan dipertandingkan kembali pada tingkat Provinsi bersama dengan para juara dari masing-masing Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur (Kaltim).

Wibowo berharap, dengan terpilihnya Duta Pelajar Sadar Hukum dapat menjadi agen perubahan di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

“Jadilah agen perubahan dan menularkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga ketertiban dan ketentraman umum dapat terpelihara ditengah kehidupan masyarakat,” harapnya. (Ant)

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2023 di Berau ini diperoleh juara sebagai berikut :

Juara I : SMA NEGERI 4 BERAU

Karya Ilmiah   : Aksi Siswa Sebagai Agent Of Change Untuk Menciptakan Generasi Muda Anti Perundungan Melalui “Somasi”.

– Betran Cristian Antolin

– Bernike Gloria Nadeak

Juara II : SMA NEGERI 2 BERAU

Karya Ilmiah : “Membentuk Ekosistem Pelajar Kontrakdiktif Terhadap Narkotika Lewat Pelajar Bersorak Hukum Bermetode Catshum (Podcast Hukum)” @Narkobusters.Id.

– Rian Hidayat

– Alvian Damayanti


Juara III : SMA NEGERI 4 BERAU

Karya Ilmiah : Implementasi Hukum Melalui ” Minions” Untuk Memanifestasikan Pendidikan Antikorupsi Bagi Pelajar.

– Datu Rizki Hardika Zulfikar

– Shalwa Daffina Darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *