Mendagri Resmi Lantik Akmal Malik jadi Pj Gubernur Kaltim

Jakarta, Kaltimnow.id – Setelah berakhir masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor dan Hadi Mulyadi pada 1 Oktober 2023 kemarin, digelar pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim terpilih oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), pada Senin (02/10/2023).

Mendagri Tito Karnavian, resmi melantik Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Kaltim, yang tergelar di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jakarta Pusat.

Selain Pj Gubernur Kaltim, Tito Karnavian juga secara bersamaan melantik Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fathoni menggantikan Herman Deru sebagai Gubernur Sumsel dan Mawardi Yahya sebagai Wakil Gubernur Sumsel.

Kedua Pj Gubernur itu dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 87/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur. Keppres ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 29 September 2023.

Pada kesempatan kali ini, Isran Noor dan Hadi Mulyadi turut hadir mengikuti prosesi pelantikan sekaligus menyaksikan Akmal dan Agus mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan Tito.

“Ini lah konsekuensi dari Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2018 tentang Pilkada, di mana dengan berakhirnya masa jabatan sebelum Pilkada serentak 2024 dilaksanakan maka diisi Pj Gubernur,” kata Tito Karnavian melalui siaran langsung di channel YouTube Kemendagri.

“Mekanisme penunjukan penjabat telah dilakukan sesuai dengan mekanisme yang telah sesuai,” sambungnya.

Pj Gubernur menjabat hingga ada Gubernur definitif hasil Pilkada 2024. Adapun pemilihan kepala daerah dijadwalkan bakal digelar secara serentak pada November 2024.

Tito Karnavian berharap PJ Gubernur yang telah dilantik mulai hari ini dapat menjalankan tugasnya sebaik mungkin.

“Terima kasih banyak kepada bapak Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi yang selama ini atas kerja kerasnya mengabdi di Kaltim,” tandasnya.

Kemudian, Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Syarifah Alawiyah mengatakan bahwa serah terima jabatan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim akan digelar pada Rabu 4 Oktober 2023 mendatang, di Kaltim, Kota Samarinda.

“Rencana di tanggal itu, namun kita akan melaporkan terlebih dahulu ke Pj Gubernur, tentu juga menyesuaikan kesiapan beliau,” kata Syarifah Alawiyah.

Sehubungan dengan itu, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, menyatakan siap bekerja sama dengan penjabat yang terpilih untuk memajukan pembangunan Provinsi Kaltim. Dirinya, mengaku senang dengan penunjukan Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Kaltim.

“Kita percayakan sepenuhnya pada pemerintah pusat, Presiden yang sudah memiliki pertimbangan panjang, mendalam, siapa yang ditunjuk jadi Pj di Kaltim,” katanya.

Dirinya, mengatakan siapa pun yang menjadi Pj Gubernur Kaltim adalah yang terbaik, guna membangun Kalimantan Timur.

“Kalau Akmal Malik ditunjuk bagus saja. Beliau paham betul tentang otonomi daerah, regulasi pemerintahan daerah, beliau rasanya masuk dari yang kami rekomendasikan,” tandas Samsun.

Penulis: Cintia Rahmadani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *