Cegah Karhutla, Pemkab Kukar Bentuk Tim Penanganan

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah membentuk tim penanganan yang akan dikerahkan di berbagai titik, untuk mengambil tindakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Terkait kontribusi Pemkab Kukar terhadap karhutla, Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono mengatakan pihaknya telah membentuk tim penanganan karhutla.

Tim penanganan bertanggung jawab menentukan status kebakaran hutan dan lahan melalui kerja sama dengan para pemangku kepentingan dan pihak terkait.

“Kami terus pantau bersama BMKG titik-titik api di Kukar yang bisa kita prediksi, kemungkinan penanganannya bisa kita antisipasi bersama seluruh komponen yang ada di lapangan,” kata Sekda Kukar Sunggono.

Lebih lanjut Sunggono menjelaskan, hingga saat ini seluruh kebakaran hutan dan lahan masih bisa diatasi dengan cepat dan proaktif.

“Alhamdulillah, sekarang laporan yang masuk ke kami semuanya bisa kami tangani dan masih belum ada yang tidak bisa kami tangani,” kata Sunggono saat ditemui, pada Jumat (10/06/2023).

Dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kebakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan dampak negatif jika tidak segera ditangani.

“Saya berharap masyarakat lebih sadar dan tidak lagi melakukan pembakaran hutan dan lahan karena akan berdampak buruk dan juga dapat terancam hukuman pidana jika fenomena tersebut meluas dan tidak bisa dikendalikan,” pungkasnya. (adv diskominfo kukar/rob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *