Camat Samboja Barat Dorong Gapoktan Siapkan SDM di Sektor Pertanian

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Pemerintah Kecamatan Samboja Barat, Kutai Kartanegara (Kukar), persiapkan diri menjadi wilayah penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dengan melakukan pengembangan potensi melalui program pembangunan sektor pertanian.

Camat Samboja Barat Barhanuddin membeberkan, Pemerintah Kecamatan akan terus berkomunikasi dengan Direktur Ketahanan Pangan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Setia P Lenggo, untuk membahas perkembangan pertanian di Samboja Barat.

Dirinya menerangkan, pihaknya akan mendorong masyarakat, terutama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) untuk mempersiapkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang bergelut di sektor pertanian.

“Saat ini kami cukup intens dalam melakukan komunikasi dengan direktur di Otorita IKN. Bahkan seharusnya bulan ini kita ada expo pangan,” kata Burhanuddin, pada Selasa (17/10/2023).

Selain itu, untuk menggali potensi dalam pengembangan sektor pertanian, telah dikirim beberapa ahli dari Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kukar untuk lakukan penelitian, dalam menganalisis dampak sosial ekonomi masyarakat.

Disisi lain, Barhanuddin mengaku telah melakukan panen pada perkebunan timun, yang menghasilkan Rp 100 juta dalam sebulan.

Tak hanya timun, wilayah tersebut juga memiliki potensi tanaman hidroponik yang bahkan sudah dikirim ke Kota Balikpapan.

“Kami akan terus mendorong untuk mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas. Jadi untuk menyuplai ketahanan pangan di IKN nanti kami cukup siap,” pungkasnya. (adv/diskominfo kukar/rob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *