Bupati Kutai Barat Resmi Buka Festival Dahau ke-24

Kutai Barat, Kaltimnow.id – Festival Dahau Sendawar dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Kutai Barat (Kubar) resmi dibuka oleh Bupati Kubar FX Yapan pada Senin (23/10/2023) malam, di Taman Budaya Sendawar (TBS).

Festival ini mengusung tema “Melalui Peringatan Dahau Kutai Barat Ke-24 Tahun, Kita Bersyukur dan Mendukung Pembangunan IKN di Provinsi Kalimantan Timur”.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan mengatakan ada beberapa agenda utama dalam festival kali ini, yaitu kunjungan Presiden Republik Indonesia pada tanggal 03 November 2023 dan puncak Hari Ulang Tahun yang diisi dengan pemecahan Rekor MURI pemakaian Anjat.

“Karena sesuai tujuan Dahau ini adalah untuk memperingati Hari Jadi Kutai Barat. Festival tahun ini harus lebih dimaksimalkan mengingat ada tamu kehormatan negara yakni Presiden Joko Widodo akan menghadiri rangkaian Festival Dahau pada tanggal 03 November nanti,” ucapnya.

FX Yapan menyampaikan, dalam Festival Dahau ini juga akan mengembangkan ekonomi kerakyatan karena Kutai Barat salah satu penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Saran dari Pak Presiden bahwa UKM dan UMKM ini harus kita kembangkan,” tuturnya.

Lanjut FX Yapan, saat ini UMKM dan UKM yang ada sangat antusias berpartisipasi mengikuti kegiatan pameran tersebut.

“Kalau kita liat peserta luar biasa dan banyak dapat stand. Kemudian animo masyarakat yang datang melihat UKM dan UMKM kita juga luar biasa. Mudah-mudahan perputaran uang dalam momen ini bisa lebih baik lagi, karena dulu itu sampai miliaran rupiah,” ucapnya.

Kegiatan Festival Dahau Sendawar berlangsung, mulai tanggal 23 Oktober hingga tanggal 05 November 2023 mendatang. Nantinya akan menampilkan berbagai kegiatan Expo dan Pemeran UMKM di bawah lamin 6 Etnis Dayak yang ada di Taman Budaya Sendawar. (adv/diskominfo kubar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *