Pekan Raya Pemuda jadi Wadah Kreasi Anak Muda Kaltim

Samarinda, Kaltimnow.id – Pekan Raya Pemuda resmi digelar di Lapangan Serba Guna Hotel Atlet, Komplek GOR Kadrie Oening, Sempaja. Kegiatan besutan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) ini menjadi kegiatan kedua dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95.

Kegiatan yang menjadi wadah kreasi anak muda ini dilaksanakan dari 26 Oktober hingga 28 Oktober 2023. Diramaikan 66 stan pelaku usaha, pameran kreativitas, hingga perguruan tinggi yang ada di Kaltim.

“Dari 10 rangkaian kegiatan, ini adalah kegiatan kedua yang digelar dan diikuti dari 66 stan, diisi oleh forum wirausaha hingga universitas yang ada di Kaltim,” kata Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma.

Adapun, kegiatan pertama peringatan Hari Sumpah Pemuda ialah Kirab Pemuda yang telah berlangsung pada pukul 08.00 Wita, sekaligus sebagai pembuka dari 10 rangkaian kegiatan yang akan digelar. Kirab pemuda itu diikuti oleh 14 SMA/SMK yang ada di Kota Samarinda.

Agus juga mengapresiasi kehadiran semua Kepala Dispora, Dinas Pariwisata (Dispara) dan Disporapar se-Kaltim yang berkontribusi menfasilitasi UMKM yang ada di daerahnya untuk ikut serta.

“Saya sampaikan terima kasih pada seluruh dinas terkait di kabupaten/kota yang juga turut hadir,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni yang membuka Pekan Raya Pemuda, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Mengingat, rangkaian kegiatan ini menjadi kegiatan perdana yang digelar oleh Dispora Kaltim.

“Kita berharap ini bukan even yang pertama di tahun ini, tetapi ini akan menjadi sebuah even tetap yang akan menjadi tempat berkumpulnya dan tempat reuni bagi para pemuda dengan semua talenta yang dimiliki,” ungkapnya.

Sri juga meminta pada even yang akan datang Dispora Kaltim bisa bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim.

Sebab, pada tiap tahunnya Disdikbud Kaltim menggelar festival untuk pelajar. Selama ini festival tersebut berlangsung di dalam lingkungan mereka juga.

“Tahun depan, alangkah semaraknya Pekan Raya Pemuda ini jika digandeng dengan festival seni,” pungkasnya. (dan/adv/disporakaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *