Berlaga di POMNAS XVIII, Kontingen Kaltim Ditargetkan Bawa Pulang Medali Emas

Samarinda, Kaltimnow.id – Medali emas menjadi target yang diberikan kepada para atlet Kalimantan Timur (Kaltim) dalam Pekan Olahraga Mahasiwa Nasional (POMNAS) XVIII di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ketua Kontingen Kaltim, Prof Abdunnur menerangkan dalam POMNAS XVIII yang digelar pada 12-22 November mendatang, Kaltim menurunkan 130 atlet di 16 cabang olahraga (cabor). Persiapan sebelum berlaga pun telah dilakukan selama enam bulan terakhir. Masing-masing cabor mendapatkan pelatihan ketat agar mampu bersaing dan membawa medali emas, sesuai target yang dibidik.

“Enam bulan mereka bersiap menuju POMNAS ini. Di pembinaan dan pelatihan dilakukan di masing-maisng cabor ya, jadi alhamdulillah mereka bersiap,” terangnya, Selasa (31/10).

Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) ini menyampaikan bahwa POMNAS merupakan program dari Kementrian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Di mana, program olahraga harus menjadi pertimbangan di luar program akademik. Terlebih seluruh kampus yang ada di Kaltim turut terlibat.

Ia berharap para mahasiswa yang menjadi perwalikan atlet Kaltim tersebut dapat meraih prestasi sebanyak-banyaknya. Terutama medali emas yang sebelumnya juga sudah disampaikan ke para atlet sebagai target utama.

Beberapa atlet yang berlaga di POMNAS juga telah lolos Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON). Hasil tersebut diharapkan dapat menjadi poin positif dalam mencapai target yang dipatok.

“Karena ini pelaksanaannya berdekatan dengan BK PON, kebetulan atlet yang berangkat ini juga ada yang sudah lolos dan menunggu TC dan melanjutkan ke PON,” urainya.

Dari 130 atlet yang diberangkatkan, Abdunnur menargetkan, setengahnya dapat meraih medali, entah emas, perak dan perunggu. Target itu tak lepas dari pengamatannya pada POMNAS XVII lalu, pihaknya sudah membaca kekuatan lawan, terutama beberapa daerah.

“Kita akan berhadapan dengan DKI Jakarta, Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), Nusa Tenggara Tengah (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Harapannya para altet bisa berlaga dengan baik dan berhasil mencapai target yang ditetapkan,” tutupnya. (dan/adv/disporakaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *