Puluhan Kucing Lucu Ramaikan Festival Dahau Kutai Barat

Kutai Barat, Kaltimnow.id – Sebanyak 71 kucing lucu meramaikan rangkaian Festival Dahau yang digelar di Taman Budaya Sendawar, Kutai Barat (Kubar), pada Sabtu (28/10/2024).

Berbagai jenis kucing ras hingga kucing lokal mengikuti kontes yang baru pertama kali diadakan di Kutai Barat.

Warga Kutai Barat pun menyambut kegiatan ini dengan antusias, karena sebagai wadah bagi masyarakat pecinta kucing. Selain itu juga sekaligus untuk memeriahkan peringatan hari jadi ke-24 Kabupaten Kutai Barat.

“Kontes kucing dalam rangkaian festival Dahau yang merupakan perdana diadakan di Kutai Barat. Kegiatan ini juga sekaligus untuk memperkenalkan dan juga mempromosikan Dinas Pertanian yang mana bukan hanya mempromosikan kegiatan yang ada di kantor melainkan bisa mempromosikan kegiatan lainnya,” kata Asisten III Setdakab Kubar, Sahadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kutai Barat S. Alexander Samson menyebutkan, populasi kucing menunjukan perkembangan yang luar biasa. Berdasarkan data dari Bidang Peternakan bahwa paada tahun 2023, jumlah populasi kucing mencapai 15.322 ekor.

“Perlombaan Beauty Cat Show 2023 menjadi perhatian Dinas Pertanian Kubar karena merupakan salah satu hewan yang dekat dengan kehidupan masyarakat,” ucapnya.

Perlu diketahui, kontes kucing atau Sendawar Beauty Cat Show 2023 itu memperlombakan berbagai kategori. Yakni, kucing ekor panjang, fashion show, kesehatan dan kucing ras dewasa hingga anak-anak dan juga kucing domestik.

Ada beberapa kriteria penilaian seperti kesehatan umum yang meliputi mata, telinga, hidung, gigi dan gusi, kulit dan bulu, berat dan otot, kemudian tempramen yang meliputi kewaspadaan, kelembutan, penenangan dan kepribadian, dan perawatan yang meliputi kesehatan cakar, berenang, terawat rapi dan kerontokan berlebihan. (adv/diskominfo kubar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *