IPP Kaltim Ditargetkan Meningkat

Samarinda, Kaltimnow.id – Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) menargetkan bisa memperbaiki posisi Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di tahun depan. Berada di peringkat ke-17 tahun ini, Dispora berusaha bisa masuk di posisi ke-7 di tahun depan.

Salah satu program untuk mencapai peningkatan IPP Kaltim dengan pemberdayaan Karang Taruna. Di mana program itu, mulai dimasifkan di tahun ini.

“Dispora Kaltim bertanggung jawab untuk mendorong peran pemuda dalam pembangunan,” ucap Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK), saat membuka Rapat Koordinasi Pemuda belum lama ini.

Dikatakannya, penilaian IPP itu dapat dilihat dari beberapa aspek. Seperti keaktifan pemuda dalam kegiatan organisasi yang sejalan dengan norma dan aturan yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) terkait kepemudaan.

“Tujuannya, untuk mendorong tercapainya peran aktif pemuda sebagai agen perubahan. Dalam mengembangkan pendidikan politik, kepedulian terhadap lingkungan dan agen kepemimpinan dan kepeloporan pemuda,” jelas AHK.

Program pemberdayaan Karang Taruna tahun ini, rencananya akan digelar serentak di 10 kabupate/kota di Kaltim, sepanjang Oktober sampai November. Dispora juga berencana melibatkan 300 orang, dari 103 Karang Taruna kecamatan dan 10 Karang Taruna kabupaten/kota. (dan/adv/disporakaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *