Pekan Raya Pemuda Jadi Ajang Kreativitas Pemuda Benua Etam

Samarinda, Kaltimnow.idUntuk pertama kalinya, di peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, menggelar ajang pameran kreativitas pemuda. Kegiatan ini diberi tajuk Pekan Raya Pemuda (PRP) Kaltim.

Kamis (26/10/2023), seremonial pembukaan PRP dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim Sri Wahyuni. Tampak hadir di acara ini, sejumlah unsur Forkopimda, seperti dari Polda Kaltim, Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Pengadilan Tinggi Agama. Kemudian, para wakil rektor perguruan tinggi se-Kaltim dam beberapa kepala OPD.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 stan dari 8 kabupaten/kota. Selebihnya diisi oleh forum wirausaha universitas yang ada di Kaltim,” Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma memberikan laporan dalam sambutannya.

Selanjutnya, Sekdaprov yang didaulat membuka kegiatan, menyambut baik gelaran ini. Ia berharap PRP bisa menjadi tempat berkumpulnya  anak-anak muda yang memiliki talenta dan kreatifitas. Ia pun menginginkan acara ini bisa terus berlanjut dan diperluas dengan menggandeng instansi lain yang turut aktif dalam membina generasi muda, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

“Saya harap, event ini bisa diperluas. Seperti bekerja sama dengan Disdikbud Kaltim yang setiap tahunnya juga menggelar festival seni pelajar. Alangkah semaraknya jika ini bisa disinergikan,” ujar Sri Wahyuni.

Tak hanya Disdikbud, mantan Kepala Dinas Pariwisata Kukar ini juga melihat adanya semangat yang sama seperti dilakukan oleh instansi-instansi lain. Seperti pembinaan petani milenial dan Bank Indonesia yang kerap melatih UMKM dalam peningkatan kualitas produknya.

Ajang semacam ini, menurut Sri, bukan sekadar memperkenalkan produk atau hasil kreasi saja. Tapi juga menjadi jembatan yang mempertemukan dengan konsumen, atau bahkan bapak angkat yang bisa membantu mengembangkan usaha yang digeluti. (dan/adv/disporakaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *