Target 10 Ribu Wirausaha Sudah Terlewati

Samarinda, Kaltimnow.id Menjadi bagian dari misi gubernur Isran Noor, program menciptakan wirausaha pemula di Kaltim sudah berada di trek yang tepat. Dari target 10 ribu pengusaha muda, saat ini program tersebut telah melampaui estimasi, dengan mencetak sekitar 12 ribu wirausaha.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Rasman Rading, saat membuka seminar wirausaha pemula, Sabtu (4/11/2023), di Pantai Panrita Lopi, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Saat ini kami sudah melaksanakan secara merata persentasenya. Kegiatan ini tentu merupakan program Pemprov di masa jabatan Isran Noor-Hadi Mulyadi,” terang Rasman.

Ditekankannya, melalui kegiatan ini dapat mengubah pola pikir generasi muda. Agar mereka tak melulu berpikir di zona nyaman, dengan hanya berkeinginan masuk menjadi aparatur sipil negara (ASN) saja. Tapi, mampu mengeksplorasi potensi diri menjadi pengusaha berkualitas.

“Kami arahkan mereka ini agar mencoba membuka jenis-jenis usaha sesuai minat. Jadi kegiatan ini bukan semata menggugurkan kewajiban. Tapi, kami juga menerima masukan dan saran sesuai minat,” jelasnya panjang lebar.

Rencananya, setelah dilakukan penelusuran minat, pada tahun yang akan datang sebanyak 3.500 orang yang dinyatakan layak, akan dipetakan untuk dapat dibantu.

“Jadi kami kurasi lagi. Nanti diidentifikasi yang sudah setahun, jalan atau tidak. Kalau sudah jalan, bagaimana kami bantu dari sisi peralatannya agar makin semangat. Jadi, tidak dilepas begitu saja,” tegas Rasman menambahkan. (dan/adv/disporakaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *