Film Perisai Mahakam, Jadi Daya Tarik Wisatawan Berlibur ke Kukar

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Film Perisai Mahakam menjadi salah satu sub sektor unggulan yang dapat menjadi daya tarik wisatawan luar daerah maupun mancanegara untuk berlibur ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Hal itu diungkapkan oleh David Haka, selaku Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar kepada Kaltimnow.id. Dimana film tersebut memperkenalkan potensi kearifan seni budaya dan beberapa destinasi wisata di Kukar.

“Semua pemerannya berasal dari sini, dan film ini mengangkat kearifal lokal. Ada seni budaya dan pariwisatanya juga,” katanya, Jumat (26/11/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan pembuatan film seperti ini sudah dilakukan sekitar dua tahun lalu (2019) dan sebanyak 80 sineas yang aktif dan tersebar di sejumlah kecamatan. Pada tahun 2020, pada saat festival Mahakam Pride atau film pendek, lebih dari 60 sineas mendaftar. Sedangkan di Tenggarong sendiri ada 7 atau 8 sineas handal, dan ini akan terus dilakukan pembinaan oleh Dispar Kukar.

“Dapat dilihat semangat dari para sineas cukup tinggi, dan kita terus melakukan pembinaan. Pada tahun ini kami membuat film Perisai Mahakam dan melibatkan lagi kawan-kawan sineas,” jelas pria yang akrab dipanggil David.

Ia pun berharap, festival Mahakam Pride ke depannya akan ditingkatkan menjadi tingkat nasional. Tujuannya untuk mendorong dan memacu sineas lokal terus mengasah skill dan kreativitas dari sineas di luar daerah.

“Ada rencana seperti itu agar sineas lokal tidak kalah saing,” pungkasnya. (adv diskominfo/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *