HPN 2023, Kepala DPK Kaltim Ingatkan Wartawan Tingkatkan Literasi

Samarinda, Kaltimnow.id – Peringati Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim ingatkan wartawan untuk meningkatkan literasi informasi kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala DPK Kaltim Muhammad Syafranuddin dalam agenda Mbeko dengan wartawan, pada Kamis (09/02/2023) di DPK Kaltim.

Syafranuddin mengatakan bahwa Literasi tersebut tentunya akan meningkatkan kualitas dari penulisaan yang disampaikan kepada pembaca.

“Analisis dan tulisan para wartawan di Kaltim saat ini sudah cukup bagus,” ungkapnya.

Akan tetapi, lanjut dirinya mengingatkan agar wartawan jangan cepat berpuas diri. Ilmu pengetahuan dan kemampuan itu harus terus diasah.

“Menulis itu tidak ada berhentinya ya. Senior-senior kita seperti Pak Oemar Dahlan, beliau tidak pernah berhenti menulis. Ini pesan saya pribadi sebagai mantan wartawan,” lanjutnya.

Oleh karena itu, tantangan terbesar insan pers saat ini ialah melawan rasa malas mencari informasi yang mana efeknya terlihat seperti tidak mempersiapkan diri ketika sesi wawancara dengan narasumber tertentu.

“Kalau wawancara kan kita harus menyiapkan diri dari awal. Jadi tulisan kita juga akan lebih terstruktur. Wartawan harus menggali lebih dulu informasi yang didapat,” tutupnya.

Penulis: Akmal Fadhil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *