Samarinda, Kaltimnow.id – Ekonomi kreatif (Ekraf) Kaltim memiliki peluang besar dalam pengembangan aplikasi dan game bertema lokal. Subsektor ini mulai mendapat perhatian dari pemerintah.
Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kaltim, Restiawan Baihaqi mengatakan, subsektor ini memiliki potensi luas untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Kaltim secara digital.
Menurutnya, Balikpapan kini menjadi pusat komunitas game dan aplikasi di Kaltim. Meski masih jarang terekspos dibandingkan subsektor seperti kuliner.
Restiawan menekankan pentingnya mendukung komunitas ini agar dapat menciptakan produk digital dengan tema khas Kaltim.
“Sudah ada embrionya, misalnya kegiatan oleh mahasiswa dan dosen dari perguruan tinggi di Balikpapan,” katanya.
Dia berharap, komunitas tersebut dapat menciptakan game bertema lokal seperti “mengarungi Sungai Mahakam” yang menawarkan pengalaman arung jeram hingga eksplorasi budaya, dinilai mampu mengenalkan kekayaan Kaltim secara efektif.
Selain sebagai hiburan, aplikasi dan game ini berperan strategis dalam promosi wisata Kaltim secara digital.
“Banyak yang mengira komunitas game dan aplikasi hanya sebatas aktivitas santai di kafe. Padahal, potensinya sangat bagus. Contohnya, ada pengembang dari Balikpapan yang karyanya sudah mendunia,” ujar Restiawan.
Seperti diketahui, Pengembang game indie asal Balikpapan, Ozysoft membuat sebuah game petualangan tiga dimensi (3D) yang memiliki working title “Project Buramato”.
Game tersebut, punya ide cerita yang tak kalah jauh dari game populer seperti Genshin Impact dan Zelda: Breath of The Wild.
Dalam sebuah wawancara, Founder Ozysoft, Fahrurrozy Yasin, mengatakan monster-monster yang muncul di Project Buramato diadaptasi dari berbagai cerita mitologi di pulau Kalimantan, seperti di daerah Paser di Kalimantan Timur.
“Termasuk kisah di balik mahluk-mahluk yang ada di trailer tersebut seperti Iwak Lodan, Lekan Monde, Ma’ingu dan masih banyak lagi,” ujar pria yang akrab disapa pria yang akrab disapa Ozy itu. (mul/adv/disparkaltim)