Jakarta, Kaltimnow.id – Dalam rangka Hari Batik Nasional yang jatuh 2 Oktober, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama grup perhotelan Accor melanjutkan kolaborasinya dengan mengadakan acara peluncuran “Batik Nusantara Celebration dari ALL – Accor Live Limitless Bersama Pelaku Ekonomi Kreatif”.
Adapun tujuan dari kolaborasi tersebut, sebagai bentuk apresiasi kepada batik, bagian dari seni dan budaya bangsa, serta turut mendukung pelaku ekonomi kreatif khususnya penggiat batik.
Selain itu, Batik Nusantara Celebration dari ALL – Accor Live Limitless adalah program yang dijalankan serentak oleh jaringan hotel Accor di lebih dari 30 destinasi di Indonesia. Program ini merupakan bagian dari kampanye sepanjang tahun grup Accor bertajuk “Rediscover Indonesia bersama ALL – Accor Live Limitless”.
“Banyak daerah di Indonesia yang memiliki wastra khasnya, dan salah satunya adalah batik. Kami mengapresiasi kepada grup Accor yang menggagas acara ini dalam rangka Hari Batik Nasional 2021, sebagai kelanjutan kolaborasi dengan grup Accor sejak tahun 2012,” kata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, pada Minggu (10/10/2021) lalu.
Selain itu, Sandiaga Salahuddin Uno juga mengajak para stakeholder untuk mendukung dan mempromosikan batik dengan menerapkan prinsip 3 G yaitu (Gercep – Gerak Cepat, Geber – Gerak Bersama, dan Gaspol – Garap Semua Potensi).
“Kita dukung promosi batik sebagai warisan budaya dan bangkitkan optimisme pelaku ekraf untuk segera pulih di masa pandemi ini. Kita tingkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan prinsip 3 G. Bangkit usaha cilik, menang melawan covid, together we can!,” serunya.
Di tempat yang sama, Garth Simmons, selaku CEO of Accor Southeast Asia, Japan and South Korea mengungkapkan, lebih dari 130 hotel di seluruh indonesia menawarkan dan mempromosikan batik kepada para pengunjung dalam program yang berlangsung sepanjang tahun, Rediscover Indonesia by ALL.
“Dukungan kami berikan bagi para mitra pelaku ekonomi kreatif, dan kami ingin menginspirasi kejayaan Indonesia melalui batik,” ungkapnya.
Selain itu, dalam acara, perwakilan hotel-hotel Accor yang ada di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua melalui vidcon menampilkan cerita batik dan penawaran pengalaman batik di daerah masing-masing bersama mitra ekonomi kreatif.
Hotel-hotel ini adalah:
1. Amarterra Villas Bali Nusa Dua – MGallery : menampilkan masker bermotif Batik Pisan Bali serta menyediakan kelas membatik di hotel yang bermitra dengan seniman lokal.
2. Mercure Bengkulu; bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Kota Bengkulu, Duta Wisata Bengkulu, serta mitra ekraf dalam mempromosikan Kain Besurek.
3. Mercure & ibis Samarinda; mempromosikan salah satu batik, yaitu Batik Dayak asal Kalimantan Timur.
4. Novotel Manado Golf Resort & Convention Center; bekerja sama dengan UMKM Krisma Kain Bentenan menyediakan selendang Bentenan yang unik untuk menyambut tamu VIP kami dan pejabat pemerintah.
5. Mercure Jayapura; mempromosikan batik dengan motif khas Papua bekerja sama dengan Jimmy Affar yang menaungi industri batik Papua.
6. Grand Mercure Surabaya City; bekerja sama dengan Etnura, pelaku ekraf batik binaan Dekranasda Jawa Timur yang menampilkan ragam batik Jawa Timur diantaranya batik dari Banyuwangi, Probolinggo, Lamongan, dan lainnya yang diperagakan oleh Puteri Indonesia Jawa Timur 2022, para Runner-Up dan Top 5 dari pemilihan Puteri Indonesia Jawa Timur 2022, bekerja sama dengan Ikatan Alumni Puteri Indonesia Jawa Timur.
7. Grand Mercure Malang Mirama; hotel yang baru saja diperkenalkan oleh Accor sebagai hotel premium Accor pertama di Malang ini menampilkan berbagai karya seni artis lokal dan produk pelaku ekonomi kreatif termasuk batik khas Malang di hotel.