Libur Nataru 2023, Balikpapan Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Samarinda, Kaltimnow.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mencatat selama masa libur Hari Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023, kunjungan wisatawan ke Provinsi Kaltim mencapai 587.552 orang.

Untuk kunjungan wisatawan lokal ke sejumlah objek wisata pada libur Nataru 2023 yang paling banyak dikunjungi yakni Kota Balikpapan dengan jumlah kunjungan sebanyak 179.959 orang.

“Momen libur Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) masyarakat banyak berkunjung ke Kota Balikpapan,” kata Kapala Dispar Kaltim Ahmad Herwansyah, pada Kamis (09/02/2023).

Peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Balikpapan, kata dia, karena terdapat pantai sehingga banyak dikunjungi. Selain lebih murah, jarakanya juga tidak jauh.

“Data tersebut bersumber dari laporan seluruh Kabupaten/Kota di Kaltim. Destinasi lain juga banyak dikunjungi, namun memang jika dilihat datanya paling banyak Balikpapan,” terang Herwansyah.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, tentunnya juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah di sektor pariwisata.

“Ini turut membuat pendapatan daerah ikut naik, jika jumlah wisatawan terus meningkat,” sebutnya.

Dispar Kaltim juga akan terus melakukan promosi dan pengenalan destinasi-destinasi wisata yang ada di Kaltim, apalagi menyambut Ibukota Nusantara.

“Untuk memajukan pariwisata, dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk mencapai pariwisata yang ideal,” tandasnya. (adv/dry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *