Museum Mulawarman Gelar Pameran Pakaian Tradisional Kaltim, Zularfi: Sebagai Manifestasi Budaya

Samarinda, Kaltimnow.id – Uptd Museum Negeri Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur, menggelar pameran dengan tema “Pakaian Tradisional Sebagai Bentuk Manifestasi Budaya di Kalimantan Timur”.

Kepala Museum Mulawarman Zularfi mengatakan kepada awak media, pameran kali ini berkolabirasi dengan Museum Kota Samarinda. Beberapa koleksi pakaian dari Museum Mulawarman dan Museum Samarinda diperlihatkan kepada masyarakat umum.

“Pameran kali ini berlokasi di Museum Samarinda, dari tanggal 3 sampai 6 Juli 2023. Dimana tema kali ini merupakan pakaian tradisional, sebagai manifestasi budaya,” katanya, Selasa (4/6) siang.

Lebih lanjut, adapun tema yang dipilih, sebagai pengenalan kepada masyarakat umum khususnya generasi muda, agar dapat melihat secara langsung pakaian tradisional di Kaltim. Terlebih Provinsi Kaltim telah ditetapkan sebagai ibu kota negara (IKN).

“Generasi muda harus tahu dan tidak melupakan pakaian asli dari Kaltim, dan sekaligus memperkenalkan bahwa di Kaltim juga memiliki pakaian tradisional. Ini sebagai pelestarian kita dan tidak melupakan kebudayaan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim Muhammad Kurniawan menambahkan, sangat mendukung adanya kegiatan tersebut.

“Pakaian merupakan salah satu keanekaragaman di Indonesia, pakaian tradisional harus dilestarikan dan sossialisasikan kepada masyarakat khususnya para pelajar,” tambahnya.

“Anak-anak kita akan tahu sejarah dan makna dari pakaian-pakaian dari tradisional itu. Sehingga mereka menghargai dari pencipta pakaian tradisional itu sendiri,” tambahnya.

Kurniawan beharap, dengan adanya pameran tersebut, melestarikan pakaian tradisional sebagai identitas kita dan menjaga identitas tersebut serta. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *