Merebahkan Tiang Ayu, Akhiri Erau Adat Pelas Benua 2023

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Prosesi merebahkan Tiang Ayu menjadi simbolis berakhirnya rangkaian Erau Adat Pelas Benua 2023, dihadiri langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah.

Perebahan Tiang Ayu diselenggarakan di Keraton Museum Mulawarman Tenggarong, pada Senin (02/10/2023).

Bupati Kukar Edi Damansyah turut melakukan prosesi merebahkan Tiang Ayu. Selain itu, dilakukan juga oleh Dandim 0906 KKR Letkol Inf Jeffry Satria, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Thauhid Afrilian Noor, serta perwakilan Kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, dan disaksikan oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Arifin beserta tamu undangan yang hadir.

Selanjutnya, mewakili Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Arifin, Pangeran Noto Negoro Heriansyah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kukar beserta seluruh pihak yang telah terlibat dalam proses pelaksanaan Erau Adat Pelas Benua Kukar.

“Kami sebagai ketua pelaksana Erau Adat Pelas Benua Kutai, dan mewakili Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Arifin beserta Bunda Ratu Sekar Asih, dan seluruh kerabat kesultanan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi dan jerih payah bapak ibu sekalian,” beber Heriansyah Pangeran Noto Negoro.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan terimakasih kepada pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Kerabat Kesultanan, serta seluruh pihak yang turut mensukseskan jalannya pelaksanaan Erau Adat Pelas Benua Kukar.

Lebih lanjut Edi Damansyah menuturkan kegiatan ini merupakan kegiatan yang masuk dalam penetapan dari pemerintahan. Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Kukar dalam menjaga dan melestarikan adat, seni dan budaya yang ada di Kukar khususnya melalui program Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F).

“Ini adalah bagian dari komitmen kami Pemerintah Kabupaten Kukar untuk tetap menjaga dan melestarikan tradisi seni dan budaya yang ada di tanah Kutai Kabupaten Kukar,” ujar Edi Damansyah.

Diakhir sambutannya, Bupati Kukar berharap agar kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kukar bersama Kesultanan Kukar Ing Martadipura tersebut bisa terus terjaga dengan baik khususnya dalam menjaga dan melestarikan adat istiadat, seni dan budaya Kutai untuk generasi penerus nantinya.

“Semoga kerja sama Pemerintah Kabupaten Kukar bersama Kesultanan Kukar Ing Martadipura ini bisa terus terjalin dengan baik, karena memang salah satu bentuk kerja bersama kita dalam melestarikan seni budaya, bagaimana mewariskan seni budaya ini kepada generasi selanjutnya,” pungkasnya. (adv diskominfo kukar/rob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *