Ananda Emira Moeis Ungkap Pentingnya Program Pelatihan Kerja Diadakan di Tiap Kelurahan

Samarinda, Kaltimnow.id – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ananda Emira Moeis, menilai untuk menunjang kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perlu adanya program pelatihan-pelatihan kerja, balai pelatihan maupun balai keterampilan di setiap kelurahan yang ada di Benua Etam, terkhusus di Kota Tepian.

Legislator dari daerah pemilihan (Dapil) Kota Samarinda itu menyebutkan bahwa kebutuhan pelatihan-pelatihan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena banyaknya pesaing dalam dunia kerja saat ini.

“Program ini sangat dibutuhkan sama orang-orang, sosialisasinya lebih masif, lebih lebar, lebih luas untuk disosialisasikan terkait pelatihan-pelatihan keterampilan itu,” kata Ananda.

“Begitu pun dengan sertifikat bagi mahasiswa yang baru saja lulus, untuk menjadi pegangan awal masuk ke persaingan dunia pekerjaan,” sambungnya.

Untuk itu, dirinya menyebutkan, perlu ada berbagai macam pelatihan yang dapat dilakukan di setiap kelurahan hingga desa-desa, agar dapat meningkatkan SDM, kualitas pendidikan juga ekonomi di daerah.

“Contohnya, itu seperti yang paling dekat di masyarakat itu ada Posyandu itu kadernya bisa diikutsertakan dalam berbagai pelatihan, seperti pelatihan pijit bayi dan lainnya,” sebutnya.

“Itu salah satunya peningkatan kapasitas untuk kader-kader Posyandu. Memang perlu kader-kader Posyandu itu diberikan dan ditingkatkan kapasitas dirinya,” jelas Ananda.

Oleh sebab itu, selain pelatihan, juga perlu adanya sarana prasarana yang memadai, untuk menunjang pelatihan yang diperlukan oleh masyarakat.

“Ini bagaimana menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, ya sama lah kayak visi misinya Kaltim sekarang ini kan,” tandas Ananda. (tia/adv/dprdkaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *