DPRD Kaltim Dukung Penuh Program Beasiswa yang Diberikan Pemprov

Samarinda, Kaltimnow.id – Dukungan penuh yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) bagi pendidikan di Benua Etam dalam bentuk beasiswa, mendapatkan apresiasi dari anggota legislatif.

Pemberian beasiswa bagi pelajar di Kaltim ini, diapresiasi oleh Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi, yang mengatakan, pihaknya mendukung penuh perhatian yang diberikan Pemprov terhadap bidang pendidikan.

“Ada lebih dari 175 ribu penerima manfaat beasiswa yang dikucurkan Pemprov Kaltim ini sejak 2019 hingga 2023,” kata Reza, sapaan akrab.

Reza juga menyampaikan, Komisi IV DPRD Kaltim sebagai mitra Pemprov Kaltim akan terus mendukung program kerja pemerintah daerah, terutama dalam pemberian beasiswa.

“Karena itu, kami terus mendukung agar jumlah penerima bisa terus ditambah. Termasuk besaran beasiswa juga bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap, agar proses distribusi beasiswa yang diberikan kepada pelajar di Kaltim bisa semakin merata dan askesnya diperluas.

“Akses untuk penerima beasiswa ini perlu diperluas. Karena tidak semua daerah di Kaltim memiliki jaringan internet yang bagus. Ini juga menjadi kendala, penyebaran informasi lebih di tingkatkan lagi,” tutur Reza.

Dengan begitu, maka diperlukannya dukungan sistem yang baik, agar memberikan kesempatan warga Kaltim lebih luas untuk menerima beasiswa ini.

Sehingga ada pemerataan bagi setiap daerah di Bumi Etam.

“Siswa dan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa saat ini, mereka lah nantinya yang akan berkiprah mengisi pembangunan saat bonus demografi itu mulai terjadi. Karena itu, kami sangat mengapresiasi upaya pasangan Isran Noor – Hadi Mulyadi dalam memimpin Kaltim, salah satunya memberikan prioritas dalam bentuk beasiswa,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Dari data di laman resmi Pemprov Kaltim dirilis, sejak 2019 total ada 176.853 penerima manfaat dari program beasiswa yang diluncurkan duet pasangan Isran Noor – Hadi Mulyadi ini.

Total beasiswa yang sudah diberikan adalah Rp1,1 triliun dan masih akan bertambah lagi di APBD Perubahan 2023.

Dilihat dari sisi lokasi penerima beasiswa, hingga akhir 2022 tercatat paling banyak berasal dari Samarinda yakni 31.464 penerima, disusul Kutai Kartanegara 21.408 penerima.

Sedangkan yang paling sedikit adalah Mahakam Ulu yakni 550 penerima.

Untuk itu, Reza berharap, dengan adanya beasiswa dari Pemprov Kaltim ini, Sumber Daya Manusia (SDM) Kaltim akan semakin meningkat.

“Semoga dengan adanya beasiswa dari pemerintah ini, SDM Kaltim akan semakin meningkat, selain itu pemerataan pendidikan berhak dirasakakan seluruh masyarakat kaltim dalam menghadapi pembangunan ibu kota negara baru,” tandasnya. (tia/adv/dprdkaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *