Komisi III DPRD Sebut Potensi Wisata di Samarinda Bisa Tingkatkan PAD

Samarinda, Kaltimnow.id – Potensi Pariwisata bisa memberikan pengaruh bagi perkembangan perekonomian. Dengan adanya tempat-tempat wisata diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi perekonomian masyarakat dan mampu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda Samri Shaputra mengatakan, Samarinda memiliki potensi besar wisata untuk meningkatkan PAD.

“Samarinda memiliki potensi wisata yang signifikan yang bisa menjadi kontributor penting dalam peningkatan PAD, jika dikelola dengan baik,” ujar Samri, pada Jumat (20/10/2023).

Meski Samarinda banyak potensi wisata, namun masih belum dioptimalkan, sehingga kota ini kalah bersaing dengan daerah lain.

“Samarinda sebenarnya memiliki beragam objek wisata yang tidak kalah dengan daerah lain. Sayangnya, banyak potensi ini belum dimanfaatkan sepenuhnya,” ucapnya.

Salah satu unggulan pariwisata di Samarinda, kata Samri, susur Sungai Mahakam yang memiliki daya tarik cukup besar bagi wisatawan jika di manfaatkan dengan baik.

“Potensi susur Sungai Mahakam ini bisa menjadi daya tarik besar bagi wisatawan, dan jika dimanfaatkan dengan baik dapat berkontribusi signifikan dalam meningkatkan PAD Samarinda,” imbuhnya.

Untuk merealisasikan potensi tersebut, dia meminta Pemerintah Kota (Pemkot) dan dinas terkait, dalam pengembangan industri pariwisata di Samarinda.

“Beberapa potensi lain yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, seperti Kampung Ketupat di Samarinda Seberang, Cagar Budaya berupa Rumah Tua, Masjid Tua, dan Kampung Tenun,” ucapnya.

Dia menambahkan, sudah saatnya Samarinda memberikan perhatian lebih serius terhadap sektor pariwisata.

“Potensi sektor pariwisata di Samarinda sangat besar, asalkan pemerintah serius dalam memperhatikan dan mengembangkan sektor ini. Dengan begitu, PAD kita bisa meningkat secara signifikan,” pungkasnya. (adv/dprd samarinda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *