Perdana, Dispora Gelar Pemilihan Organisasi Pemuda Berprestasi

Samarinda, Kaltimnow.id Tak ingin terfokus pada pengembangan kapasitas pemuda secara individu, untuk pertama kalinya, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melibatkan perkumpulan atau organisasi yang sudah terbentuk, untuk bisa membuat program-program berdampak positif bagi masyarakat. Kegiatan ini berupa sebuah kompetisi untuk memilih organisasi pemuda berprestasi dengan hadiah total sebesar Rp 22 juta.

“Ayo, organisasi pemuda Kalimantan Timur, segera daftarkan organisasimu dan raih kesempatan memenangkan total hadiah uang pembinaan sebesar Rp 22 juta,” dikutip dari postingan Instagram Dispora Kaltim.

Pada unggahan tersebut, turut diterangkan kriteria organisasi yang berhak mengikuti kompetisi ini. Di antaranya, calon peserta adalah organisasi yang memiliki legalitas, dibuktikan dengan akta notaris dan keterang terdaftar pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Tidak bersifat perorangan dan sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.

Selanjutnya, memiliki kepengurusan yang sah, dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepengurusan dari satu tingkat di atasnya. Poin keempat, wajib mencantumkan daftar jumlah anggota, dengan melampirkan SK struktur kepengurusan. Organisasi juga harus memiliki sekretariat dengan domisili yang jelas.

Kemudian, pendaftar harus memiliki dokumen kelengkapan, seperti NPWP dan rekening bank atas nama organisasi. Serta, memiliki atau melakukan program yang memiliki dampak, khususnya dalam membantu permasalah di masyarakat, dilengkapi dengan bukti dokumentasi.

Setiap organisasi yang ingin menjadi peserta wajib memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Yakni, menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku dan memenuhi kriteria yang dijelaskan di atas. Organisasi juga tidak sedang atau memiliki masalah hukum, konflik internal, atau ada dualisme kepemimpinan.

“Untuk pengajuan pendaftaran, bisa dilakukan dengan mengisi link di https://bit.ly/OKPrestasi23,” seperti dikutip dari postingan medsos Dispora Kaltim.

Proses registrasi sudah dibuka sejak 3-20 November 2023 pada pukul 23.59 Wita. Setiap pendaftar akan dilakukan seleksi administrasi dan program, 10-20 November dan verifikasi fakta lapangan 20-25 November. Tahapan berikutnya adalah finalisasi penjurian 25 November sampai 4 Desember. Untuk berikutnya akan diumumkan pemenang organisasi pemuda berprestasi Kaltim 2023, pada 5 Desember. (dan/adv/disporakaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *