Pemprov Kaltim Imbau Pengembangan Olahraga Turut Manfaatkan Teknologi

Samarinda, Kaltimnow.idPenggunaan teknologi kini telah mencakup hampir semua sendi kehidupan. Tak terkecuali di dunia olahraga modern, penerapan teknologi keolahragaan terbukti mampu menciptakan atlet-atlet hebat dan berprestasi, seperti yang telah ditunjukkan negara-negara maju.

“Bisa dilihat di negara-negara maju, seperti Tiongkok atau Amerika yang telah melibatkan teknologi dalam membentuk atlet-atletnya. Hasilnya jelas, mereka mampu mendominasi perolehan medali di ajang-ajang multi-event yang diikuti,” ucap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim, HM Sirajuddin.

Hal ini disampaikan Sirajuddin, saat mewakili Pj Gubernur Kaltim membuka pelatihan sport science bagi pelatih dan wasit/juri, Jumat (3/11/2023) di Balikpapan. Dikatakan pria yang lebih akrab disapa Iyad itu, pemanfaatan teknologi secara langsung akan mendongkrak prestasi olahraga.

“Jadi, kita juga harus bisa mengikutinya, yaitu memanfaatkan teknologi di dunia olahraga. Tentu, ini juga harus dibarengi dengan kemampuan pelatih, jangan sampai gaptek,” ujar Sirajuddin.

Selain itu, teknologi juga turut membantu dalam melakukan pemindaian bakat-bakat atlet potensial. Di mana, penjaringan atlet hanya atas dasar kedekatan, kekerabatan harus ditinggalkan. Karena jelas akan berimbas pada capaian prestasi yang diharapkan.

“Untuk wasit/juri, pertandingan akan berkualitas jika fair play diutamakan. Kasihan atlet yang sudah berlatih keras, harus dijatuhkan akibat keputusan yang tidak sportif,” kata Sirajuddin menekankan.

Dalam pelatihan kali ini, ada dua cabor yang dijadikan objek kegiatan, yakni ski air dan wakeboard serta bisbol dan sofbol. Ditambahkan Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga (Kabid PPO) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh masing-masing 30 peserta di setiap cabor, dengan waktu selama dua hari. (dan/adv/disporakaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *