DPRD Samarinda Ajak Masyarakat Tingkatkan Pemahaman tentang Kekerasan Seksual

Samarinda, Kaltimnow.id – Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti, menyoroti peran krusial Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) dalam mengatasi maraknya kasus kekerasan seksual, terutama di lingkungan pendidikan.

Dalam pernyataannya, Puji Astuti mencermati tingginya jumlah kejadian kekerasan seksual di sekolah dan menganggap pentingnya pembentukan Satgas PPKS di semua lembaga pendidikan.

Namun, ia juga mengakui bahwa banyak masyarakat masih minim pengetahuan mengenai isu kekerasan seksual.

“Penting bagi kita (eksekutif dan legislatif) untuk menyadari bahwa masyarakat masih minim pengetahuan terkait kekerasan ini, baik bentuknya maupun cara melaporkannya,” ujar Puji Astuti, pada Kamis (07/03/2024).

Legislator perempuan tersebut menegaskan perlunya sosialisasi intensif hingga ke pelosok, agar masyarakat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang peran Satgas PPKS.

“Dengan begitu, masyarakat kita ini tidak hanya mengetahui keberadaan Satgas PPKS tetapi juga dapat berperan aktif dalam mencegah dan melaporkan kasus-kasus kekerasan seksual,” tambahnya.

Puji Astuti dari Partai Demokrat berharap adanya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah untuk melakukan langkah-langkah preventif guna mencegah kekerasan seksual.

“Diharapkan pemahaman masyarakat terhadap kekerasan seksual dapat ditingkatkan, agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman,” tandasnya. (adv/dprdsamarinda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *