Peparprov akan Berlangsung di Balikpapan pada November 2023

Samarinda, Kaltimnow.id – Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Suharyanto ungkap bakal langsungkan Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) pada November 2023 mendatang.

Suharyanto menjelaskan alasan mengapa pelaksanaannya tidak berbarengan dengan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Berau beberapa waktu lalu karena tidak tersedianya fasilitas untuk penyandang disabilitas.

“Kemarin tidak bersamaan karena di Kabupaten Berau kemarin akses untuk penyandang disabilitas ini masih kurang, sehingga kami tidak ikut kesana bersamaan dengan Porprov. Padahal seharusnya memang pelaksanaan peparprov setelah porprov,” kata Suharyanto.

Setidaknya ada 13 cabang olahraga (cabor) yang bakal dipertandingkan dalam peparprov di Balikpapan nanti. Yanto menjelaskan bahwa pada tiap cabornya memiliki banyak nomor tanding.

Selain itu juga akan ada sembilan kabupaten/kota yang dilibatkan pihaknya pada peparpov nanti apabila atlet tersedia.

“Sementara Kabupatebn Mahakam Ulu (Mahulu) masih kosong karena belum terbentuk kepengurusannya. Tapi kalau daerah lain memang tergantung dari kesiapan atlet,” terangnya.

Keterbatasan atlet ini juga disebabkan beberapa atlet yang hengkang dan memilih dibina daerah lain, akibat tidak tersedianya anggaran pada 2018-2021 lalu.

Kejadian itu yang amat disesalkan pihaknya. Pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) yang setara dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua lalu barulah pihaknya mendapatkan Rp 6 miliar untuk memberangkatkan atlet.

“Kami ditinggali masalah waktu itu, sehingga kami tidak memegang anggaran sama sekali sampai 2021 mau berangkat ke Peparnas baru uang itu ada. Kami pakai biaya mandiri, TC juga mandiri, padahal prestasi kami sudah sangat banyak,” tegasnya.

Dari sinilah Suryanto menegaskan peparprov di Balikpapan nanti menjadi salah satu acuan pihaknya untuk memberangkatkan atlet ke peparnas yang bakal berlangsung di Medan, Sumatera Utara (Sumut) 2024 mendatang.

Dirinya juga akan memberangkatkan atlet yang benar-benar memiliki prestasi pada peparnas nanti. (dan/adv/disporakaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *