Ini Pengalaman Reza Permadi Dalam Kembangkan Potensi Desa Wisata di Indonesia

Jakarta, Kaltimnow.id – Reza Permadi pemenang SATU Indonesia Awards 2023 di bidang Teknologi dari Astra membagikan pengalamannya, mengenai pengembangan potensi wisata di desa.

Dimana saat ini, sejumlah desa menjadikan wilayah sebagai tempat wisata yang menawarkan suasana asli desa, baik segi ekonomi, sosial budaya, adat istiadat, keseharian, hingga arsitektur bangunan.

Reza pun melihat sejumlah potensi pada desa-desa tersebut, dan berkolaborasi dengan sejumlah pihak seperti stakeholder, komunitas, influencer dan lainnya dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan.

“Sebanyak dari 80 ribu desa, saat ini ada 6.030 desa wisata. Karena desa memiliki potensi, daya tarik wisatanya, yang dapat dikunjungi para wisatawan,” katanya di Local Media Summit 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Kemudian, dirinya pun mendampingi dan bekerja sama dengan komunitas dalam membangun desa wisata dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam pengelolaannya.

Pokdarwis sendiri, menjalani beberapa pelatihan dan dampingan, seperti mempromosikan desa wisata melalui media sosial, memasarkan produk-produk UMKM hasil buatan tangan dari masyarakat di marketplace, dan lain sebagainya.

“Kami melakukan pendampingan dan pelatihan agar ke depannya mereka dapat memanfaatkan teknologi yang telah berkembang pesat. dan di tahun lalu, mendapatkan apresiasi oleh Astra melalui SATU Indonesia Awards,” ungkapnya.

Masyarakat desa sudah banyak menggunakan smartphone, kendati demikian Reza melihat hanya digunakan untuk sekedar bermain game ataupun komunikasi.

“Di level berikutnya, gimana caranya mereka bisa berjualan atau memperkenalkan desa mereka masing-masing di dunia maya,” tuturnya.

Salah satu desa wisata yang kian berkembang setelah menerima program dari dirinya, yaitu Desa Sejahtera Astra (DSA) di Bugisn, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng).

“Di desa itu dalam satu tahun dapat menghasilkan sekitar 50 sampai 60 juta rupiah, dimana kita perluas jangkauan pemasarannya, sehingga dari turis mancanegara pun bisa membeli produk itu secara mudah,” ujarnya.

Reza mengungkapkan, program yang dia buat akan terus berlanjutkan dan bertambah pesat dengan adanya kolaborasi antara media lokal dengan program Astra di Desa Wisata dan DSA.

“Tentunya media juga memiliki peran yang penting, kami pun juga sering melakukan kolaborasi, baik dari Aturin ataupun Astra. Karena medialah yang memberikan informasi mengenai potensi, produk-produk yang ada di desa wisata itu. Apalagi jika fyp atau viral, para turis dari dalam negeri dan luar dapat berkunjung ke desa-desa wisata,” pungkasnya. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *