Kenalkan Lagu Bahasa Kutai ke Generasi Penerus Lewat Road to Swara Kutai

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) apresiasi kegiatan Road to Swara Kutai yang diselenggarakan Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kutai Kartanegara.

Dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Sunggono mengatakan kepada Kaltimnow.id, bahwa kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan karya budaya berbahasa daerah Kutai.

“Tujuannya yang pertama mengenalkan lagu berbahasa Kutai. Program ini bekerjasama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar dan Kekraf Kukar, yakni Road To Swara Kutai. Dimana penayangannya perdana bagi masyarakat umum,” katanya, Sabtu (20/11/2021) siang.

Ia menjelaskan, beberapa musisi yang terlibat di dalamnya akan membuat dan melaunching album masing-masing dalam Bahasa Kutai. Karya tersebut, diharapkan dapat bersaing di tingkat nasional.

“Kami berharap dengan adanya program ini, dapat mendorong para pelaku atau kelompok seni maupun komunitas untuk terus berinovasi dan berkreasi. Semoga bisa terus berjalan agar kelompok-kelompok komunitas kreatif bisa terus hidup,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Road To Swara Kutai diadakan di Halaman Cuan Space Gedung Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Tenggarong. Ia pun menyampaikan sebelumnya telah melaunching program dedikasi Kukar Kaya Festival (K3F).

Dua kegiatan tersebut merupakan bagian dari visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar yaitu terwujudnya Kukar yang sejahtera dan berbahagia.

Di tempat terpisah, Kabid Perkembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, David Haka menambahkan, adanya Road To Swara Kutai ini menjadi pembenahan lagu Kutai secara kekinian dan dapat diterima oleh generasi penerus serta mengenalkan bahasa Kutai hingga go internasional.

“Ini merupakan konsep kerjasama Kekraf dan Dispar mendesain acara untuk membendaharakan lagu Kutai dan dapat membuatnya bersaing dengan musik berbahasa daerah lainnya di tingkat nasional dengan produksi profesional,” tambahnya. (adv diskominfo/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *