Bahasa Kutai Masuk Muatan Lokal, Kadisdikbud Kukar: Masih Menunggu Perbup

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Dalam upaya melestarikan budaya lokal, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar), akan memasukkan muatalan lokal bahasa Kutai.

Dimana kebijakan tersebut, akan diterapkan di semua peserta didik di seluruh wilayah Kabupaten Kukar.

“Untuk peraturan daerah (Perda) nya sudah ada, tinggal dari Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur. Jika Perbup sudah terbit, maka bisa diterapkan di semua jenjang pendidikan,” kata Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Afrilian Noor kepada Kaltimnow.id, Selasa (23/11/2021).

Kemudian, pria yang akrab dipanggil Thauhid ini mengungkapkan, masuknya bahasa daerah menjadi bagian yang penting dalam membangun dan memperkuat karakter itu sendiri. Menggunakan Bahasa daerah berarti melestarikan salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia.

“Ini bagian dari pelestarian budaya yang ada di Kukar, salah satunya bahasa daerah. Dan ini menjadi tanggungjawab bersama,” ungkapnya.

Nantinya Disdikbud juga mengajak seniman-seniman mempersiapkan diri masuk ke sekolah-sekolah untuk mengisi pelajaran siswa. (adv diskominfo/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *